WORKSHOP LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA (LPAI) “STRATEGI KEBIJAKAN NASIONAL PELARANGAN TOTAL IKLAN PROMOSI DAN SPONSOR ROKOK MELALUI PERATURAN PERUNDANGAN NASIONAL”

Jakarta, Kamis 21 Maret 2019 Lembaga Perlindugan Anak Indonesia atau ( LPAI ) mengadakan kegiatan Workshop  selama 2 hari yang mulai dilakukan pada hari sebelumnya yakni Rabu,20 Maret 2019 .Terkait Program LPAI yaitu ” STRATEGI KEBIJAKAN NASIONAL PELARANGAN TOTAL IKLAN PROMOSI DAN SPONSOR ROKOK MELALUI PERATURAN PERUNDANGAN NASIONAL” acara workshop ini sendiri dibuka dan dipandu oleh “Kak Seto”  selaku Ketua LPAI .Program yang sudah direncanakan dan didiskusikan sejak lama namun,belum mendapat sorotan khusus dari pemerintah.

Ada banyak pendapat dan gagasan yang ditulis dan disampaikan oleh LPAI yang dimana pendapat dan gagasan tersebut bukan hanya LPAI saja yang besuara namun,ada banyak Lembaga,Organisasi,dan beberapa Lembaga Pemerintahan yang diundang untuk hadir di acara tersebut. diantaranya KEMENFO,KEMENKES,dan KPI.

Berikut beberapa pendapat dan gagasan yang dapat saya rangkum dari acara Workshop tersebut yaitu;

  1. Rokok merupakan pintu utama masuknya NARKOBA kepada anak-anak. Berawal dari rokoklah anak-anak mengenal narkoba.
  2. Kurang nya peran orang tua dan masyarakat tentang bahaya rokok terhadap anak
  3. Belum adanya aturan yang melarang tentang iklan rokok di Media Inter yang dapat diakses selama 24 jam.
  4. Berubahnya kebijakan jam tayang iklan rokok di Media Elektronik terkait UU Pasal 14 tahun 2008 dan UU Penyiaran Pasal 8 dan No.9 tahun 2012.
  5. Dalam UU Penyiaran No.32 tahun 2002 (pasal 46 ayat 3)  siaran iklan niaga dilarang melakukan :

        a. Promosi miras dan produk yang mengandung zat adiktif.

        b. Promosi tdak memperagakan atau menunjukkan wujud asli rokok

        c. Materi yang disiarkan Lembaga Penyiaran wajib memenuhi syarat yang dikeluarkan KPI.

            dan masih banyak lagi pendapat dan gagasan yang dibahas.

LPAI melakukan program ini bukan tidak ada alasan yang kuat namun,sebelum kepemerintahan sekarang ini,Indonesia sudah “DARURAT NARKOBA”. Tapi tindakan tegas pemerintah akan bahaya narkoba terhadap anak belum ada tindakan. Berikut putusan MK terkait Iklan Rokok :

  1. No.7/1/PUU-XI/2014
  2. No.19/PUU-VII/2010
  3. No.54/PUU-VI/2008 dan No.VI/PUU-VII/2009
  4. No.34/PUU-VIII/2010

“Kalo kita mau jagain anak-anak para penerus generasi bangsa satu RW harus bersatu” kata “Kak Seto” didepan teman-teman media lainnya. Program ini diadakan agar pemuda menjadi pemuda yang jauh lebih sehat,cerdas dan aktif dalam masyarakat. Edukasi tentang bahaya ROKOK dan NARKOBA kepada anak sejak dini harus dilakukan supaya para generasi bangsa tidak mudah menggunakan barang haram tersebut.

About Author

Tentang Saya

Hy semua.. perkenalkan aku Rizqiyatun Mufarihah aku biasa dipanggil kiki. hobby aku traveling,naik gunung,dan bermain musik. Aku orang yang Ambivert. Jadi jgn kanget yaa sewaktu waktu aku berubah jadi pribadi yg berbeda hehehe

Respond For " WORKSHOP LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA (LPAI) “STRATEGI KEBIJAKAN NASIONAL PELARANGAN TOTAL IKLAN PROMOSI DAN SPONSOR ROKOK MELALUI PERATURAN PERUNDANGAN NASIONAL” "